Kamis, 29 November 2012

NIKOTIN


           
 Nikotin dengan rumus molekul C10H14N2, merupakan komponen aktif farmakologis yang utama dari tembakau, Nikotiana tabacum. Ditemukan juga dalam jumlah banyak pada spesies lain dalam famili solanaceae seperti tomat, kentang, aubergin dan lada hijau (Sarker, 2007). Berdasarkan letak atom N termasuk true alkaloid. Nikotin mempunyai dua sistem cincin nitrogen: satu adalah piridin dan yang lain adalah pirolidin, sehingga dapat dikelompokkan dalam alkaloid piridin maupun pirolidin.
            Tembakau (Nicotiana tabacum) merupakan bahan dasar pembuatan rokok. Daun ini banyak mengandung nikotin. Nikotin merupakan alkaloida yang yang banyak terdapat pada daun tembakau. Komposisi daun bervariasi tergantung dari letak daun batang dan umurnya. Dinyatakan bahwa penyebaran zat-zat di dalam tiap-tiap daun adalah tidak sama, sedangkan letak daun pada batang juga digunakan untuk menentukan grade dan kualitas daun. Kadar nikotin meningkat dari bawah keatas dan kenaikan terbesar pada daun pucuk.
            Konsentrasi Nikotin biasanya sekitar 5% dari per 100 gram berat tembakau. Sebatang rokok biasanya mengandung 8-20 mg nikotin, walaupun tentu saja, sangat bergantung pada merk rokok tersebut. Jika anda perokok, ketahuilah, tubuh menyerap 1mg nikotin untuk satu batang rokok yang dihisap. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan.

1 komentar:

  1. Mengapa kadar nikotin pada tembakau meningkat dari bawah ke atas dan kadar nikotin terbesar terdapat pada daun pucuk atau daun muda, padahal daun muda merupakan daun yang baru terbentuk?

    BalasHapus